Hello,This is me!

Faisal Ahmad

As Fashion Men Enthusiast I'am a Travelloger! Photography is my passion I'am a Software Developer

Mei 15, 2021

Festival Lampion Tahun Baru Imlek Surakarta

Festival Lampion Tahun Baru Imlek merupakan agenda tahunan Kota Surakarta, walaupun saat ini dihentikan dahulu selama pandemi virus Covid-19. Bisa dibilang ini merupakan agenda tahunan yang selalu ada dalam Agenda Wisata Solo. Januari 2020 adalah terakhir kali diadakan sebelum pandemi, setelah pandemi berlalu kemungkinan besar akan diadakan kembali. 

        Lalu, apa sebenarnya acara ini? Ini adalah acara untuk mensemarakan tahun baru imlek dengan diadakannya festival lampion. Lampion pun terdiri dua macam, lampion biasa yang berwarna merah dan lampion yang berbentuk Shio. Lampion dipasang sepanjang jalan, mulai dari patung Slamet Riyadi hingga ke Pasar Gede. Pusat episentrum perayaan berada di depan pintu masuk Pasar Gede. Pasar Gede sendiri memiliki sejarah dan masyarakat keturunan tionghoa yang kental berada di sekitarnya. Bahkan, diseberang pasar ini terdapat sebuah klenteng yang masih aktif digunakan untuk kegiatan peribadatan. 

        Kegiatan ini akan berlangsung sekitar sepuluh hari. Tujuh hari sebelum imlek dan beberapa hari setelah imlek. Selama tujuh hari sebelum imlek jalan di sekitar Pasar Gede akan ditutup hingga pukul 21.00, terdapat pasar malam yang diisi oleh stand stand masyarakat Solo. Selain makanan / minuman, aksesoris bertemakan imlek dan juga mainan anak banyak dijual di sini. Beberapa cosplayer, ada yang berbentuk ironman, robot, bahkan tokoh kartun juga ikut serta di sini sebagai objek foto, kalian bisa memberikan uang setelah berfoto. Akan sangat banyak orang yang memadati tempat ini (namun tidak sepadat saat imlek).

        Puncak acara adalah ketika imlek, acara akan berlangsung dari 18.00 hingga keesokan harinya pukul 01.00. Akan ada berbagai macam petunjukan, mulai dari tarian hingga barongsai akan diadakan di depan Pasar Gede. Berfoto di sini begitu instagrammbale, dengan ornamen ornamen lampu dan ramainya orang menciptakan gambar yang keren untuk tampil di instagram. Setelah acara imlek selesai, ornamen tidak langsung dilepas hingga beberapan hari ke depan, namun pasar malam yang diadakan sudah tidak ada. Yang tersisa hanyalah ornamen ornamen yang belum dilepas. Jangan sampai terlewatkan agenda ini selama anda masih di Solo.




Kalian bisa memanggil saya Faisal. Saya adalah seorang model busana yang begitu tertarik di dunia fashion dan fotografi. Saya menyukai hari-hari saya sebagai travelloger dan berinteraksi dengan banyak orang serta mengembangkan potensi daerah. Sampai saat ini saya berusaha membuat konten blog yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

0 comments:

Posting Komentar

Faisal Ahmad
Direct Message
Lampung, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Statistik