Hello,This is me!

Faisal Ahmad

As Fashion Men Enthusiast I'am a Travelloger! Photography is my passion I'am a Software Developer

Mei 08, 2021

Candi Sukuh, Nuansa Eksotisme Hindu Di Tanah Jawa

Berkunjung ke candi mungkin untuk sebagian warga lokal akan terasa begitu membosankan, melihat setumpuk batu tua yang penuh dengan ukiran. Tetapi bagi saya sendiri yang berasal dari luar pulau jawa, candi sangat menakjubkan. Walaupun di luar Pulau Jawa juga terdapat candi, namun melihat betapa terawat dan nyamannya candi yang ada di Jawa membuat wisata sejarah menjadi begitu syahdu dengan suasana alam sekitar. Candi hindu yang berlokasi di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ini berada di ketinggian seribu seratus diatas permukaan laut. Ini membuat suhu di Candi Sukuh begitu sejuk. 

        Candi yang dibangun sekitar pada abad Ke-15 Masehi ini dibangun oleh Kerajaan Majapahit dan merupakan candi hindu terakhir yang dibuat oleh Majapahit. Susana sakral masih begitu kental di lokasi candi, banyak sesajen yang diletakan di sekitar candi. Keunikan yang dimiliki candi ini salah satunya adalah terdapatnya ukiran relif di dinding candi yang memiliki bentuk bentuk yang cukup erotis. Bentuk candi ini mirip dengan bangunan piramida Suku Maya yang ada di Meksiko. Desain bangunan candi berbentuk trapesium dengan dibagi menjadi beberapa teras. 


        Akses jalan menuju lokasi sudah cukup baik, dengan jalan beraspal yang bisa berpapasan dua mobil. Untuk ke lokasi ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan jaraknya yang cukup lumayan dari terminal ngargoyoso. Terdapat beberapa tikungan tajam dan tanjakan landai yang harus dilalui menuju ke lokasi ini. Terakhir mengunjungi tempat ini tiket yang dikenakan sebesar Rp. 10.000. Kalian akan diminta kain khas hindu bercorak papan catur yang bernama Kain Kampuh. Selama berada di lokasi candi sebaiknya menjaga sopan santun, dikarenakan tempat ini masih aktif dijadikan tempat ibadah bagi umat hindu. Di sekitar lokasi ini terdapat tempat wisata lain yang tidak kalah bagus, seperti air terjun jumog dan kebun teh kemuning. 







Kalian bisa memanggil saya Faisal. Saya adalah seorang model busana yang begitu tertarik di dunia fashion dan fotografi. Saya menyukai hari-hari saya sebagai travelloger dan berinteraksi dengan banyak orang serta mengembangkan potensi daerah. Sampai saat ini saya berusaha membuat konten blog yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

0 comments:

Posting Komentar

Faisal Ahmad
Direct Message
Lampung, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Statistik