Hello,This is me!

Faisal Ahmad

As Fashion Men Enthusiast I'am a Travelloger! Photography is my passion I'am a Software Developer

Mei 10, 2021

Mount Rushmore Dengan Kearifan Lokal Tulang Bawang Barat Lampung

Tempat wisata yang satu ini bernama Tugu Empat Marga (Megou Pak). Warga Tulang Bawang Barat (Tubaba) sudah pasti tidak asing dengan monumen yang satu ini. Pahatan patung ini memiliki panjang 40 meter dan dengan tinggi sepanjang 15 meter dengan ketebalan 6 meter. Pahatan ini berlokasi di ruas jalan leter S Panaragan - Menggala, tepatnya di Tiyuh/Desa Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.  Pahatan berbentuk wajah para pemimpin dari empat marga ini bercerita tentang keberadaan marga atau suku asli Lampung, yakni Megou Pak. Keempat marga tersebut diantaranya Marga Tegamoan, Marga Buay Bolan di wilayah Bolan Udik dan Bolan Ilir, Marga Suay Umpu di wilayah Way (sungai) Umpu, Mesuji dan Marga Buay Aji di wilayah Aji.

        Monumen digunakan untuk menggambarkan eratnya kekerabatan dan persatuan masyarakat adat Lampung Pepadun yang tergabung dalam kesatuan hukum adat Megou Pak Tulangbawang. Desain patung dibuat senatural mungkin, sehingga seolah menggambarkan bangunan kuno yang sudah lama berdiri. lokasi patung tersebut yang cukup jauh dari pemukiman penduduk dan minim penerangan pada malam hari di jalan maupun di lokasi. Sehingga sebaiknya pengunjung datang di siang ataupun sore hari dan tidak berkunjung seorang diri dengan tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan. Sebab, lokasi ini dikenal rawan kriminalitas dan rawan kecelakaan. Terkadang beberapa pengunjung menyebutnya "Patung Hokage" (berdasarkan salah satu serial anime), di dunia nyata sendiri terdapat bangunan yang terlihat serupa, yaitu pahatan wajah di Mouth Rushmore Amerika Serikat.

        Lokasi patung ini sendiri dikelilingi hutan karet dan beberapa perbukitan di sekitarnya ditambah jalan lintas provinsi yang berkelok kelok. Dari Kota Bandar Lampung untuk menuju ke Panarangan Kabupaten Tulang Bawang Barat butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. Jika anda berkunjung ke Lampung, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu destinasi wisata yang satu ini. Dikarenakan lokasi berada di tepi jalan lintas sehingga kendaraan hanya bisa diparkirkan di bahu jalan.


Kalian bisa memanggil saya Faisal. Saya adalah seorang model busana yang begitu tertarik di dunia fashion dan fotografi. Saya menyukai hari-hari saya sebagai travelloger dan berinteraksi dengan banyak orang serta mengembangkan potensi daerah. Sampai saat ini saya berusaha membuat konten blog yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

0 comments:

Posting Komentar

Faisal Ahmad
Direct Message
Lampung, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Statistik