Hello,This is me!

Faisal Ahmad

As Fashion Men Enthusiast I'am a Travelloger! Photography is my passion I'am a Software Developer

Mei 07, 2021

Pengenalan Bahasa Pemrograman X++

Bahasa X++ merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini diperuntukan untuk pengembangan pemrograman berskala besar (enterprise) pada produk Enterprise Resource Planning (ERP) besutan Microsoft yang bernama Microsoft Dynamics AX atau lebih biasa disebut AX. 
ERP ini termasuk salah satu dari tiga ERP populer yang ada di dunia, selain produk SAP dan Oracle. Bahasa pada X++ tidak jauh berbeda dengan bahasa C# yang biasa digunakan di Visual Studio. Sehingga untuk dapat mengembangkan fitur-fitur yang ada di dalam AX diperlukan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan pemrograman menggunakan X++. Secara user interface (tampilan) AX lebih unggul ketimbang SAP dan Oracle dikarenakan menu yang disajikan ditampilkan layaknya program besutan Microsoft lainnya, seperti Word dan Excel, sehingga membuat pengguna PC Windows cukup familiar. 

Untuk mengembangkan sistem berbasis ERP tersebut tidak lah mudah dan murah. Secara finansial, hanya perusahaan perusahaan dengan pendapatan yang cukup yang dapat menggunakan ERP ini untuk digunakan pada perusahaanya. Miliaran rupiah adalah pengeluaran yang umumnya dikeluarkan perusahaan untuk dapat mengembangkan AX yang sesuai dengan alur kerja perusahaan. Sedangkan secara kemudahan, pengembangan AX sangat membutuhkan konsultan AX yang bereputasi baik (umumnya harga berbanding lurus dengan kualitas) karena tidak semua konsultan memiliki performa yang baik. Selain itu, untuk merekrut tenaga kerja dengan keahlian X++ menjadi tantangan sendiri. 

Pembelajaran mengenai X++ umumnya sangat jarang ada di kampus-kampus dikarenkan berbagai macam faktor. Faktor penghambatnya dapat berupa : (1) Kampus yang tidak memiliki tenaga pengajar spesialisasi ERP (profesional), (2) Ketidakmampuan kampus dalam membeli license, (3) Pengalaman di lapangan kerja lebih dapat memberikan pemahaman penggunaan ERP ketimbang hanya berkutat dalam kelas. Penghambat-penghambat ini berakibat pada pembelajaran di kampus umumnya hanya bersifat teoritis ketika pembahasan BAB ERP. Permasalahan ini lah yang menyebabkan perusahaan kesulitan dalam mencari karyawan yang langsung memiliki pengalaman yang cukup di bidang ERP. 

Dasar-dasar kemampuan yang perlu dimiliki dalam mengembangkan aplikasi AX dengan bahasa program X++ adalah sebagai berikut:
  1. Kemampuan OOP (Object Oriented Programming)
  2. Kemampuan Membuat Query
  3. Kemampuan CRUD (Create Read Update Delete)
  4. Kemampuan Debugging

Untuk bisa beralih dari bahasa pemrograman yang umumnya biasa digunakan tidak lah sulit, apalagi jika sebelumnya sudah pernah menguasai pemrograman berbasis desktop seperti C#. Saat ini versi tertinggi per Mei 2021 adalah AX 365, sistem ini berbasis cloud, sehingga server tidak berada di jaringan lokal seperti halnya versi sebelumnya, yaitu AX 2012. Belum lagi diperlukan investasi perangkat keras / cloud space yang cukup memakan biaya. Perangkat keras dibutuhkan sebagai penunjang dalam kelancaran penggunaan aplikasi AX.

Kalian bisa memanggil saya Faisal. Saya adalah seorang model busana yang begitu tertarik di dunia fashion dan fotografi. Saya menyukai hari-hari saya sebagai travelloger dan berinteraksi dengan banyak orang serta mengembangkan potensi daerah. Sampai saat ini saya berusaha membuat konten blog yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

0 comments:

Posting Komentar

Faisal Ahmad
Direct Message
Lampung, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Statistik